Mengatur penggandaan dan Pengumpulan Dokumen Kantor


Mengatur penggandaan dan Pengumpulan Dokumen Kantor

Pekerjaan perkantoran di zaman sekarang lebih efektif dan efisien karena terbantu dengan adanya alat – alat perkantoran antara lain komputer, foto copy, scanner, mesin cetak, duplicator offset – litho printer, OHP.

Dalam memiliki peralatan penggandaan dokumen kita perlu memperhatikan beberapa hal antara lain :

  1. Jumlah penggandaan yang diperlukan. Kebutuhan terpenuhi, jumlah yang sangat besar dapat dikerjakan dengan menyiapkan dua master.
  2. Jenis dan kualitas kertas yang digunakan perlu dipertimbangkan harus cocok untuk pengetikan atau tulisan tangan.
  3. Penduplikasian warna perlu dipertimbangkan untuk gambar, bagan atau sketsa yang diduplikasi.
  4. Volume penggandaan yang sangat besar memerlukan mesin yang akan digunakan sepanjang hari, maka pilihlah mesin yang berkonstruksi kokoh dan mempunyai penggerak listrik yang hemat energi.

Ada beberapa alat yang digunakan dalam penggandaan dokumen atau surat sebagai berikut :

  1. Penggandaan dokumen dengan menggunakan duplicator hektografik dengan alkohol mesin ini cocok untuk menggandakan dokumen berjumlah 10 keatas.
  2. Penggandaan dokumen dengan duplikator stensil mesin ini menghasilkan lembaran dalam jumlah banyak dengan menggunakan alat bantu kertas master yang disebut dengan stensil atau sit stensil. Mesin ini mampu menghasilkan 100 keatas.
  3. Duplicator Offset Litho Dapat memproduksi ketikan tulisan tangan, gambar atau foto.
  4. Duplikator Typeset Mesin cetak kecil yang menggunakan jenis letterpies. Menghasilkan cetakan berkualitas.
  5. Mesin Scanner Stensil sit yang diproses dengan mesin Scanner mula – mula diproses dengan kertas biasa lalu dieditdengan foto, gambar, table atau grafik dengan bantuan mesin scanner yang bekerja secara elektronik.
  6. Mesin Fotocopy Menggandakan dokumen dengan fotocopy akan menghasilkan rekaman naskah yang mirip mendekati aslinya tetapi tulisannya bewarna hitam.
  7. Alat pencetak (Printer) Alat ini harus dihubungkan dengan komputer untuk pengetikan dan hasilnya digandakan melalui printer.
  8. LCD atau Citra Elektronis Alat ini untuk menjalin dokumen secara elektronis informasi yang disimpan . mesin ini menggunakan lasser yang dikendalikan oleh pengelola kata.

Download Artikel mengatur dokumen kantor

About these ads

20 thoughts on “Mengatur penggandaan dan Pengumpulan Dokumen Kantor

  1. Assalamualaikum wrwb. mbak bisakah saya minta tolong dikirimkan buku paket yang berjudul Mengatur Penggandaan dan Pengumpulan Dokumen? dan buku-buku referensi lainnya. Saya butuh sekali buku itu sebagai bahan mengajar saya. Terimakasih. Wassalam.

  2. Salam. Perkenankan maaf saya, sementara ada broken link jadi beberapa artikel tdk bisa di unduh/ download seperti biasa. saat ini posisi saya sedang di Moskow Federasi Russia dan ada hal signifikan yang perlu saya fahami lebih lanjut untuk itu. Nurul Wirda

  3. punten … mba saya minta penjelasan tentang duplikator typeset. pengertian, cara pengoperasian, ciri-ciri, langkah2 menggunakan mesin ini, cara merawat mesin ini. thanks before.

  4. @Idris: silahkan download aja, supaya berguna untuk yg lainnya
    @Aplah: dokumen literal?
    dokumen dalam bentuk literatur atau pustaka, selengkapnya bisa dibahas ditopik yang baru ya

  5. Semoga artikel ini membantu buat siswa SMK yang sedang praktek Sekretary dan sedang cari bahan membuat dokumen sederhana. Makasih udah berkunjung, ditunggu komentarnya loh.. saran atau kritik, request artikel sekretary lainnya yang sedang dicari gitu boleh boleh aja. kalee saya masih ada stock ;)

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s