Kurikulum Administrasi Perkantoran


Modul SMK Administrasi Perkantoran

Kurikulum Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) tahun 2004 untuk Bidang Keahlian Bisnis dan Manajemen Program Keahlian Administrasi Perkantoran.

Ada 18 kompetensi di dalam kurikulum itu:

  1. Bekerja sama dengan kolega dan pelanggan.
  2. Mengikuti prosedur keamanan, keselamatan, dan kesehatan kerja.
  3. Berkomunikasi melalui telepon.
  4. Menggunakan peralatan kantor.
  5. Merencanakan dan melakukan pertemuan.
  6. Melakukan prosedur administrasi.
  7. Mengikuti aturan kerja sesuai dengan lingkungan kerja.
  8. Menjaga dan melindungi budaya kerja.
  9. Mengatur penggandaan dan pengumpulan dokumen.
  10. Menangani surat masuk dan keluar.
  11. Membuat dan menjaga sistem kearsipan untuk menjamin integritas.
  12. Mencatat dikte untuk mempersiapkan naskah.
  13. Menghasilkan dokumen sederhana.
  14. Menciptakan dan mengembangkan naskah untuk dokumen.
  15. Mengatur perjalanan bisnis.
  16. Memberikan pelayanan kepada pelanggan.
  17. Mengaplikasikan keterampilan dasar komunikasi.
  18. Memproses transaksi keuangan.

Berdasarkan 18 kompetensi kurikulum dan isi materi, bertujuan mempersiapkan tenaga lulusan yang sanggup dipekerjakan sebagai:

  • Sekretaris, yaitu sekretaris organisasi atau sekretaris kantor, atau sekretaris perorangan pimpinan, atau sekretaris pribadi tokoh masyarakat;
  • Manajer kantor, yaitu pimpinan sebuah kantor administrasi baik pemerintah maupun swasta, kantor lembaga pemerintah maupun kantor badan usaha swasta;
  • Pegawai administrasi yaitu karyawan kantor yang menangani urusan administrasi perkantoran, baik pemerintah maupun swasta.

kurikulum ini membahas secara meluas materi-materi perkantoran yang berkaitan dengan pekerjaan tiga jenis profesi: sekretaris, manajer kantor, dan pegawai administrasi

Artikel modul terkait silahkan download

  1. Kumpulan Modul Kompetensi Kurikulum Bidang Keahlian Bisnis dan Manajemen Program Keahlian Administrasi Perkantoran.

2 . Silabus dan RPP

71 thoughts on “Kurikulum Administrasi Perkantoran

  1. Salam Kenal kembali untuk para guru baru yang mengajar di sekolah rintisan maupun guru yang masih mencari pengalaman menjadikan para siswa nya media percobaan untuk berinteraksi dan mengasah wawasan. Materi diatas adalah ketika saya mengajar menjadi guru sekretaris di sebuah SMK di Jakarta yang menggunakan kurikulum berbasis e-learning. blog ini hanya bagian dari back up materi inti dari webmaster dan tidak saya buat link karena untuk kalangan internal saja. ulasan 5 tahun lalu. saat ini saya sudah tidak update kembali dengan materi tersebut dan tidak memperbaharui pengetahuan saya tentang itu karena sudah melewati lintas disipliner. Mohon maaf, demikian adanya jika info ini bisa menjadi penutup permintaan yang tidak bisa saya penuhi. Terima kasih sudah mampir. Nurul Wirda

  2. slm kenal bu nurul….mhn bntuannya untuk rpp dari admnistrasi keuangan.brhbng sy guru baru jd sy agak kesulitan.ktmu hnya silabus’y sj dan materi”y pun sy hrs ngbrowsing dari buku akuntansi dan materi perkuliahan karena untuk buku admstrasi keuangn smk blm ada.terimakasih

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s