Nurul Wirda

Semerbak Mawar yang dengan senang hati memancarkan Cahayanya

Harmoni Pesan Damai

1 Komentar


al hamra

al hamra

Secara intern, sesama umat Islam Indonesia wajib menegakkan toleransi sebagai akidah. Di Turki, Aya Sofia, dikasihkan kepada orang Islam dan dijadikan mesjid. Tetapi begitu orang Nasrani hendak melakukan commemoration atau napak tilas, orang Islam meberikan kesempatan untuk menggunakan mesjid tersebut. Demikian pula dengan orang Islam yang berada di Andalusia, memberikan Al-Hamro di Cordoba walau dengan hati agak sedih. Di sana Al-Hamro yang merupakan mesjid dijadikan sebagai gereja.
Tapi hakekatnya gereja itu lebih tua dari Mesjid ”huruf besar”. Kalau mesjid ”huruf kecil” itu sama-sama antara gereja, sinagog, dan tapekong tempat orang-orang agama Konghucu dan lain-lain. Itu namanya mesjid tempat bersujud.
Karena anatomi bahasa ingin menimbulkan menimbulkan sebuah tempat dan sebuah nama, maka mesjid yang dipakai orang Islam dikasih nama Mesjid dengan M huruf besar. Tentang pemaknaan islam. ”Seperti kita yang Islam, Nabi Isa islam, Nabi Ibrahim islam, Nabi Adam islam, Nabi Muhammad islam, islam huruf kecil. Apa itu islam huruf kecil, artinya mental attitude, sikap menyerah kepada kebenaran”
Arti islam adalah menyerah kepada kebenaran. Dalam perjalanannya, ummat Nabi Muhammad hendak mencari nama, apa nama yang bagus untuk agama yang menyerah ini. Tersedia tiga pilihan. Ada iman, islam, dan ihksan. Maka dipilihlah Islam dengan huruf besar. Jadi dipakailah agama Islam.
Tetapi antara islam yang huruf kecil dengan Islam huruf besar belakangan ini menjadi sangat jauh bedanya. Islam huruf kecil dimiliki oleh seluruh ummat yang beragama. Sedangkan Islam I huruf besar hanya dimiliki oleh orang yang beragama Islam. Padahal, seharusnya kita memperdalam islam huruf kecil, jangan hanya mendalami Islam I huruf besar. Sebab kalau 1 huruf besar saja yang kita pelajari jiwa tolerannya menjadi minus.
Tapi kalau islam menjadi sesuatu mental attitude dengan tulisan i huruf kecil, kita menjadi umat yang satu. Umat yang satu artinya semuanya adalah umat manusia yang memiliki satu hak-hak yang harus ditegakkan, yang namanya hak asasi.

Penulis: nurulwirda

Light of the Mind, Star of felicity, Matchless Pearl, Rose of colored Glass, Diamond Envy, Increaser of Joy. с удовольствием, Нюра

One thought on “Harmoni Pesan Damai

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s