Nurul Wirda

Semerbak Mawar yang dengan senang hati memancarkan Cahayanya

MEMBUAT DAN MENGAPLIKASIKAN TEMPLATE

Tinggalkan komentar


MEMBUAT DAN MENGAPLIKASIKAN TEMPLATE

Template dapat membantu kita dalam membuat desain halaman web yang konsisten. Menggunakan template memudahkan dalam me-maintain situs web kita. Karena template mempercepat waktu dalam mendesain ulang suatu situs, juga sekaligus merubahnya dalam waktu hitungan detik halaman yang sampai ratusan jumlahnya.

Template adalah suatu dokumen yang digunakan sebagai dasar untuk dokumen yang lain. Saat membuat template, kita dapat menentukan daerah mana yang tidak boleh dirubah dan daerah mana yang bisa diedit.

CONTOH KASUS :

Anda mempunyai situs berita. Banyak halaman mempunyai struktur desain yang sama, tetapi judul dan isi selalu berganti sesuai dengan topik berita. Saat kita membuat template dan menggunakannya pada satu halaman web, struktur desain akan tidak bisa di edit, tetapi judul dan isi dapat kita rubah. Ini telah kita definisikan sebelumnya di template.

Kemudian kita ingin merubah struktur disain. Tentunya dengan cara manual kita harus mengedit satu per satu halaman html yang mempunyai struktur desain yang sama. Ini akan memakan waktu lama bila halaman berjumlah ratusan. Tetapi dengan template, kita hanya perlu merubah satu file template-nya saja kemudian secara otomatis halaman yang jumlahnya ratusan itu akan berubah mengikuti template. Menakjubkan bukan !!!

MEMBUAT FILE TEMPLATE

  1. Anda harus menggunakan site management untuk menggunakan template ini, lihat tutorial untuk membuat site management.
  2. Create halaman HTML baru dan akan muncul halaman putih kosong.
  3. Designlah struktur halaman template anda di situ.
  4. Setelah jadi, kita akan menentukan daerah yang bisa di edit. Dan ini biasanya daerah content yang selalu berubah.
  5. Select/Hilite daerah content anda kemudian pilih Modify -> Template -> New Editable Region. Dan anda akan ditanya judul editable area ini, kemudian klik OK.
  6. Setelah selesai menentukan daerah yang bisa di edit ( content ). Simpan file template anda. Pilih Save as template … ( contoh : main.dwt ). Dreamweaver akan membuat direktory Templates pada site management untuk menempatkan file “main.dwt” tersebut.

MENGGUNAKAN FILE TEMPLATE

  1. Untuk menggunakan template, Create halaman HTML baru. Maka halaman putih kosong akan muncul.
  2. Pilih Window -> Template . Di situ akan terlihat file “main”. Klik “main” dan Apply. Maka halaman yang tadinya kosong akan berubah menjadi file template yg telah anda buat.

Save menjadi file html baru, misalkan “berita1.htm”. Kemudian isi daerah editable “content” dengan teks atau image apa saja. Seterusnya buat “berita2.htm”

MENGEDIT FILE TEMPLATE

  1. Pilih Window -> Template. Klik dua kali file “main”
  2. Maka akan muncul design template kita, rubahlah sesukanya design template anda.
  3. Setelah itu save file template anda dan dreamweaver secara otomatis akan merubah seluruh design dari berita1.htm dan berita2.htm.

Penulis: nurulwirda

Light of the Mind, Star of felicity, Matchless Pearl, Rose of colored Glass, Diamond Envy, Increaser of Joy. с удовольствием, Нюра

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s